Becak Daring: Becak Online Cepat dan Irit

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memperbolehkan becak kembali beroperasi di Jakarta. Namun dengan konsep becak digunakan untuk wisata.

Namun niatan itu belum sepenuhnya direstui DPRD DKI Jakarta dengan alasan khawatir ketika Perda itu direvisi akan banyak penyelundupan becak dari daerah lain jika revisi perda itu disahkan.

Meski masih berdebatan, Serikat Becak Jakarta (Sebaja) menyambut positif wacana tersebut dengan cara membuat inovasi mengganti becak dayung dengan becak listrik yang diberi nama Becak Online Cepat dan Irit (Be’ol Cepirit).

Becak listrik tersebut kini sedang dalam masa uji coba di Laboratorium Teknik Universitas Indonesia (UI).

Koordinator Serikat Becak Jakarta (Sebaja) Rasdullah mengatakan bahwa becak listrik tersebut menggunakan tenaga surya. Untuk memesan becak tersebut, masyarakat bisa menggunakan layanan becak daring.

Ciri khas becak listrik ini adalah menggunakan roda belakang untuk melakukan belokan. Selain itu,  becak ini menggunakan aliran listrik dari tenaga surya, bukan seperti becak motor.

Becak listrik tersebut merupakan karya Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang berkoordinasi dengan Sebaja. Rasdullah berharap bahwa keberadaan becak listrik ini bisa diperhitungkan sebagai solusi.

Dari 60 unit yang tersedia, tiga diantaranya tengah diujicoba. Rencananya becak ini akan ditempatkan di tempat-tempat wisata di Jakarta.

Namun Gugum Muhammad selaku pendamping becak dari LSM UPC mengatakan bahwa becak listrik belum bisa beroperasi di Jakarta, karena masih terganjal Peratudan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

“Jadi sekarang becak listriknya masih dalam tahap ujicoba. Sementara itu, mengenai kapan peluncuran atau mulai beroperasi di Jakarta, masih belum tahu. Karena saat ini Pemerintah masih merevisi Perda Tibum, agar becak nanti bisa bebas beroperasi di Jakarta,” ungkapnya seperti yang dikutip pada Warta Kota, Jumat (16/11/2018).

Sebelumnya, sejumlah penarik becak di shelter becak di Pasar Pejagalan, Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, mengaku tak lagi kuat mengayuh becak mengantarkan para penumpangnya karena jarak tempuhnya jauh. Sehingga para penarik becak ini menginginkan agar pemerintah bisa meringankannya dengan memberikan becak motor yang pernah dijanjikan Pemprov DKI Jakarta era Anies Baswedan.

 

Sumber:

https://www.antaranews.com/berita/768688/becak-listrik-jakarta-beol-cepirit-dalam-masa-uji-coba

http://medan.tribunnews.com/2018/11/17/diuji-coba-beol-cepirit-becak-online-dki-jakarta-pengganti-becak-motor-yang-telah-dilarang

https://www.merdeka.com/jakarta/serikat-becak-uji-coba-becak-listrik-tenaga-tata-surya-karya-mahasiswa-ui.html

Leave your comment

Please enter your name.
Please enter comment.
| Web by SSDC