10
Aug2020

SIP Law Firm Pelopori #EcoLawOffice di Hari Konservasi Alam Nasional

JAKARTA – 10 Agustus 2020. Bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional, Senin 10 Agustus 2020, SIP Law Firm mencanangkan Eco Law Office sebagai bentuk dukungan terhadap program keberlanjutan (Sustainability).

Hal ini membuat SIP Law Firm menjadi pelopor corporate law firm dengan konsep Eco Law Office. Terdapat tiga program yang dilakukan SIP Law Firm, yakni konservasi energi, konservasi air dan peduli sampah.

Bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional tersebut, SIP Law Firm juga melakukan sosialiasi terhadap seluruh karyawan akan pentingnya kelestarian lingkungan. Materinya diberikan langsung oleh waste management company yang sebelumnya sudah bekerja sama secara intens dalam membuat berbagai program keberlanjutan (sustainability) tersebut.

Konservasi energi dilakukan dengan cara melakukan penghematan listrik melingkupi mematikan lampu pada saat jam istirahat, menggunakan listrik seperlunya, dan memastikan suhu AC 240 C. Selain mengurangi penggunaan listrik, SIP Law Firm juga memaksimalkan sumber daya alam yang ada dengan cara membuka jendela di pagi hari agar cahaya matahari dan udara segar dapat masuk ke ruangan kantor.

Selanjutnya, SIP Law Firm juga menata tanaman hijau di ruangan, membuat ruang terbuka dengan tanaman hijau, serta membuat vertical garden di lingkungan kantor.

Karyawan SIP Law Firm diminta untuk menggunakan air seperlunya guna mendukung program konservasi air. Lubang biopori juga dibuat di area gedung kantor untuk memaksimalkan konservasi air.

Selain itu, SIP Law Firm melakukan program peduli sampah dengan cara mensosialisasikan pemilahan sampah kepada semua karyawan. Office boy (OB) dan cleaning service (CS) juga diberikan pelatihan terkait pemilahan sampah yang ada di lingkungan kantor SIP Law Firm.

Agar program ini berjalan dengan maksimal, SIP Law Firm bekerjasama dengan lembaga atau komunitas dalam mengelola sampah agar tidak berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA) dan dapat berdayaguna.

“Memang sudah banyak kantor menerapkan program yang mirip seperti SIP Law Firm. Namun, untuk corporate law firm Kami rasa belum ada yang secara lugas menggagas dan mencetuskan program ini (sustainability) secara publik. Kami berharap dengan program ini, SIP Law Firm dapat menjadi kantor hukum yang memiliki sumbangsih nyata terhadap kelestarian lingkungan dan dapat menjadi contoh bagi kantor-kantor lain yang belum menjalankan program-program yang peduli terhadap lingkungan.” Tegas Safitri Hariyani selaku Founder SIP Law Firm.

Sebagai langkah akhir, SIP Law Firm memasang stiker dan poster di berbagai ruangan kantor serta mensosialisasikannya secara daring melalui website dan berbagai media sosial agar karyawan maupun tamu mengetahui dan mendukung Eco Law Office di SIP Law Firm.

Eco Law Office ini juga didukung oleh seluruh karyawan SIP Law Firm. Sebagai contoh kecilnya adalah dengan adanya kegiatan bike to work dan karyawan secara mandiri membawa botol minum serta alat makannya masing-masing.

Hari Konservasi Alam Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Hari Konservasi Alam Nasional. Konservasi alam pada dasarnya telah menjadi budaya bangsa Indonesia sejak zaman dulu. Konservasi alam dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya alam secara arif dan bijaksana. Sumber daya alam yang ada dimanfaatkan, tetap dijaga agar terhindar dari kerusakan, dan kepunahan. Hal inilah yang melatarbelakangi SIP Law Firm memilih mempublikasikan Eco Law Office di SIP Law Firm pada Hari Konservasi Alam Nasional.

 

Leave your comment

Please enter your name.
Please enter comment.